Konsep Aras Ekonomi

 Konsep aras ekonomi pertama kali diperkenalkan pada tahun 1959 oleh Stern dari Universitas California. Konsep ini terdiri atas konsep Kerusakan Ekonomi (Economic Damage), Aras Luka Ekonomi (Economic Injury Level), Ambang Ekonomi (Economic Threshold) dan Aras Keseimbangan Umum. Konsep ini muncul dilatar belakangi karena kecenderungan petani menggunakan insektisida secara berlebihan untuk membasmi hama tanpa menggunakan dasar yang rasional. Insektisida digunakan secara terjadwal menurut umur tanaman secara ekonomi dengan alasan preventif tetapi tidak efisien dan mengandung risiko besar bagi kualitas lingkungan, oleh karena itu perlu ditetapkan landasan ekonomi dan ekologi yang dapat digunakan untuk memutuskan kapan dan di mana pestisida harus digunakan. (Untung : 2003).

Gejolak Populasi Hama Dan Letak Aras Luka Ekonomi, Ambang Ekonomi Dan Aras Keseimbangan Umum Pada Keadaan Normal (Sumber : Untung, 2003)

 Konsep PHT selalu menekankan pertimbangan manfaat dan biaya terhadap semua keputusan petani karena pada dasarnya petani adalah manajer di ekosistem pertaniannya. Secara ekologi tindakan pengendalian harus berdasarkan populasi hama, aras populasi dapat disebut sebagai aras pengendalian, jika populasi hama di bawah aras maka tindakan pengendalian tidak akan menguntukan dan sebaliknya. Untuk lebih memahami konsep Aras Ekonomi maka perlu diketahui konsep Kerusakan Ekonomi (KE), dalam konsep KE terbagi dua yaitu tentang tentang Luka (injury) dan Kerusakan (damage). Luka adalah setiap bentuk penyimpangan fisiologis tanaman sebagai akibat aktivitas atau serangan hama, jadi terpusat pada hama dan aktivitasnya. Sedangkan, Kerusakan adalah kehilangan yang dirasakan oleh tanaman akibat serangan OPT antara lain dalam bentuk penurunan kuantitas dan kualitas produksi.

 Dalam konsep aras ekonomi juga dikenal istilah Ambang Ekonomi (AE), istilah ini digunakan untuk pengambilan keputusan pengendalian hama sesuai dengan konsep PHT. AE adalah kepadatan populasi hama yang memerlukan tindakan pengendalian untuk mencegah terjadinya peningkatan populasi mencapai Aras Luka Ekonomi (ALE). Aras Luka Ekonomi (ALE) adalah keadaan dimana kepadatan populasi terendah yang dapat mengakibatkan kerusakan ekonomi. Secara konsepsi letak Ambang Ekonomi (AE) berada di bawah Aras Luka Ekonomi (ALE). Konsep AE berfungsi sebagai pengambil keputusan bagi petani agar dalam kegiatan pertanian baik karena penggunaan pestisida yang berlebihan maupun tindakan lain yang dapat menimbulkan kerugian, sedangkan ALE lebih mengarah kepada aspek perhitungan biaya (untung dan rugi) dalam kegiatan pertanian.

 Sifat standar AE ditetapkan secara kuantitatif dengan menggunakan unit ukuran yang sama dengan unit sampel yang dilakukan, serta mempertimbangkan faktor produksi, ekonomi, toleransi masyarakat, biologi dan ekologi hama. Selain itu, AE harus selalu menyesuaikan dengan variabel ekonomi (harga produk, biaya pengendalian, harga pestisida, dll) serta toleran terhadap persepsi masyarakat. Ada beberapa Faktor penting yang mempengaruhi ALE antara lain :

  1. Faktor Primer, terdiri dari :
    1. harga atau nilai produksi tanaman;
    2. Biaya pengendalian dan pengelolaan hama;
    3. Derajat luka yang diakibatkan oleh setiap individu hama
    4. Kepekaan tanaman terhadap perlukaan oleh serangan hama
  2. Faktor Sekunder, terdiri dari :
    1. Kepadatan populasi yang mempengaruhi besarnya luka tanaman;
    2. Harga pestisida yang mempengaruhi biaya pengelolaan
  3. Faktor Tersier, yaitu faktor atau variabel yang secara tidak langsung yang mempengaruhi faktor primer seperti cuaca, keadaan tanah, sosial ekonomi masyarakat.

SOAL LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah soal latihan berikut!
  1. Apa yang melatarbelakangi konsep Aras Ekonomi lahir?
  2. Jelaskan makna Luka (injury) dan Kerusakan (damage) dalam Kerusakan Ekonomi (KE)!
  3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Ambang Ekonomi (AE)!
  4. Jelaskan makna Aras Luka Ekonomi (ALE)!
  5. Jelaskan perbedaan fungsi konsep Ambang Ekonomi (AE) dan konsep Aras Luka Ekonomi (ALE)!
  6. Apa saja faktor penting yang mempengaruhi Aras Luka Ekonomi (ALE)!

 Cocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban Tes Formatif yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Pembelajaran 2.

image/svg+xml Tingkat penguasaan = Jumlah Jawaban yang Benar Jumlah Soal ✕ 100%

Arti tingkat penguasaan : 90 - 100% = baik sekali
80 - 89% = baik
70 - 79% = cukup
< 70% = kurang

 Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan ke . Bagus! Jika masih di bawah 80%, Anda harus mengulangi materi Kegiatan Pembelajaran 2, terutama bagian yang belum dikuasai.


PETUNJUK JAWABAN SOAL LATIHAN

  1. Konsep Aras Ekonomi muncul dilatar belakangi karena kecenderungan petani menggunakan insektisida secara berlebihan untuk membasmi hama tanpa menggunakan dasar yang rasional.
  2. Luka adalah setiap bentuk penyimpangan fisiologis tanaman sebagai akibat aktivitas atau serangan hama, jadi terpusat pada hama dan aktivitasnya. Sedangkan, Kerusakan adalah kehilangan yang dirasakan oleh tanaman akibat serangan OPT antara lain dalam bentuk penurunan kuantitas dan kualitas produksi.
  3. Ambang Ekonomi (AE) adalah kepadatan populasi hama yang memerlukan tindakan pengendalian untuk mencegah terjadinya peningkatan populasi mencapai Aras Luka Ekonomi (ALE)
  4. Aras Luka Ekonomi (ALE) adalah keadaan dimana kepadatan populasi terendah yang dapat mengakibatkan kerusakan ekonomi. Secara konsepsi letak Ambang Ekonomi (AE) berada di bawah Aras Luka Ekonomi (ALE).
  5. Konsep Ambang Ekonomi (AE) berfungsi sebagai pengambil keputusan bagi petani agar dalam kegiatan pertanian baik karena penggunaan pestisida yang berlebihan maupun tindakan lain yang dapat menimbulkan kerugian, sedangkan Aras Luka Ekonomi (ALE) lebih mengarah kepada aspek perhitungan biaya (untung dan rugi) dalam kegiatan pertanian.
  6. Faktor penting yang mempengaruhi Aras Luka Ekonomi (ALE) antara lain :
    1. Faktor Primer, terdiri dari :
      1. harga atau nilai produksi tanaman;
      2. Biaya pengendalian dan pengelolaan hama;
      3. Derajat luka yang diakibatkan oleh setiap individu hama
      4. Kepekaan tanaman terhadap perlukaan oleh serangan hama
    2. Faktor Sekunder, antara lain :
      1. Kepadatan populasi yang mempengaruhi besarnya luka tanaman;
      2. Harga pestisida yang mempengaruhi biaya pengelolaan
    3. Faktor Tersier, yaitu faktor atau variabel yang secara tidak langsung yang mempengaruhi faktor primer seperti cuaca, keadaan tanah, sosial ekonomi masyarakat.

RANGKUMAN

 Konsep Aras Ekonomi terdiri dari bebrapa konsep, yaitu Kerusakan Ekonomi (Economic Damage), Aras Luka Ekonomi (Economic Injury Level), Ambang Ekonomi (Economic Threshold) dan Aras Keseimbangan Umum. konsep Kerusakan Ekonomi (KE) terbagi dua yaitu tentang tentang Luka (injury) dan Kerusakan (damage). Ambang Ekonomi (AE) adalah kepadatan populasi hama yang memerlukan tindakan pengendalian untuk mencegah terjadinya peningkatan populasi mencapai Aras Luka Ekonomi (ALE). Sedangkan Aras Luka Ekonomi (ALE) adalah keadaan dimana kepadatan populasi terendah yang dapat mengakibatkan kerusakan ekonomi. Secara konsepsi letak Ambang Ekonomi (AE) berada di bawah Aras Luka Ekonomi (ALE).


TES FORMATIF

Pilihlah satu jawaban yang tepat!
  1. Kapan pertama kali konsep Aras Ekonomi diperkenalkan?
    1. Tahun 1939
    2. Tahun 1949
    3. Tahun 1959
    4. Tahun 1969
  2. Berikut adalah konsep yang merupakan bagian dari konsep Aras Ekonomi, kecuali!
    1. Kerusakan Ekonomi (Economic Damage)
    2. Perkembangan Ekonomi (Economic Development)
    3. Aras Luka Ekonomi (Economic Injury Level)
    4. Ambang Ekonomi (Economic Threshold)
  3. Apa yang melatar belakangi munculnya konsep Aras Ekonomi?
    1. Petani menggunakan insektisida yang berlebihan
    2. Kerusakan tanaman yang masif
    3. Keseimbangan ekosistem
    4. Semua jawaban benar
  4. Kepadatan populasi hama yang memerlukan tindakan pengendalian untuk mencegah terjadinya peningkatan populasi mencapai Aras Luka Ekonomi (ALE), merupakan pengertian dari?
    1. Aras Luka Ekonomi (Economic Injury Level)
    2. Ambang Ekonomi (Economic Threshold)
    3. Kerusakan Ekonomi (Economic Damage)
    4. Perkembangan Ekonomi (Economic Development)
  5. Sifat standar AE ditetapkan dengan mempertimbangkan faktor apa?
    1. Faktor Ekonomi
    2. Faktor Produksi
    3. Faktor Biologi
    4. Jawaban A, B, dan C benar
  6. Sifat AE harus senantiasa menyesuaikan dengan?
    1. Pemberian Insektisida
    2. Variabel Ekonomi
    3. Jumlah Hama
    4. Jumlah tanaman yang rusak karena hama
  7. Kepadatan populasi yang mempengaruhi besarnya luka tanaman merupakan faktor yang mempengaruhi ALE, termasuk dalam bagian?
    1. Faktor Primer
    2. Faktor Sekunder
    3. Faktor Tersier
    4. Faktor Ekonomi
  8. Berikut adalah faktor primer dalam mempengaruhi ALE, kecuali!
    1. Biaya pengendalian dan pengelolaan hama
    2. Harga pestisida yang mempengaruhi biaya pengelolaan
    3. Derajat luka yang diakibatkan oleh setiap individu hama
    4. Kepekaan tanaman terhadap perlukaan oleh serangan hama
Last modified: Thursday, 2 July 2020, 12:02 AM