Pengendalian Secara Fisik dan Mekanis

 Pengendalian secara fisik adalah tindakan pengendalian hama yang menggunakan faktor fisik seperti menaikkan suhu dengan cara pembakaran, menurunkan suhu dengan penggenangan, solarisasi tanah, lampu perangkap, serta pengaturan cahaya dan suara. Dengan kata lain, Pengendalian fisik merupakan usaha dengan menggunakan atau mengubah faktor lingkungan fisik sedemikian rupa sehingga dapat mematikan atau menurunkan populasi hama yang ditujukan khusus untuk membunuh hama. Metode pengendalian secara fisik dalam perlindungan tanaman terdiri dari teknik yang membatasi akses hama ke tanaman, mendaorong perbahan perilaku, atau menyebabkan kerusakan/kematian hama secara langsung (Anonimous : 2001).

 Pengendalian secara mekanis adalah tindakan mematikan hama secara langsung dengan menggunakan tangan atau alat (Wigenasantana : 2001). Pengendalian secara mekanis bertujuan untuk mematikan hama secara lagsung baik dengan hanya menggunakan tangan atau dengan menggunakan alat bantu lain. Teknik mekanik meliputi, pengambilan dengan tangan (kelompok telur penggerek batang), Gropyokan (pengendalian hama tikus dengan membunuh tikus menggunakan alat), memasang perangkap (menangkap hama dengan memasang alat perangkap pada tempat yang sering dilalui hama), Pemasangan umpan (mengendalikan hama walang sangit dengan menggunakan umpan daging busuk), pengusiran (memasang orang- orangan di tenah sawah). Kelebihan dan kekurangan pengendalian secara fisik dan mekanis, antara lain :

  1. Tidak menimbulkan pencemaran pada lingkungan
  2. Dapat dipadukan dengan cara pengendalian lainnya
  3. Memerlukan tenaga yang banyak
  4. Tidak dapat dilakukan untuk lokasi yang luas secara terus-menerus

 Pengendalian fisik dan mekanis merupakan tindakan mengubah lingkungan khusus untuk membasmi hama, dan bukan merupan bagian dari praktek budidaya secara umum. Pengendalian fisik dan mekanik dalam PHT tidak berpengaruh buruk pada lingkungan. Apabila pengendalian fisik dan mekanik dijalankan secara tepat maka dapat menurunkan populasi hama dengan tidak merusak lingkungan dan mengakibatkan tanaman bebas dari hama. Pengendalian fisik dan mekanis wajib dilandasi pengetahuan yang menyeluruh mengenai ekologi serangan hama agar dapat diketahui tindakan apa yang harus dilakukan agar dapat memperoleh hasil yang efektif da efisien.

 Pengendalian secara mekanik atau fisik melibatkan penggunaan hambatan, jebakan, atau pengambilan secara fisik untuk mencegah atau bahkan mengurangi populasi hama. Menghilangkan hama pada tanaman juga dapat dilakukan secara fisik, seperti beberapa kutu daun dan tungau dapat terlempar dari dedaunan dengan menyemprotkan air dengan tekanan tertentu pada tanaman. Metode aktif digunakan untuk menghancurkan, melukai, atau menyebabkan stress pada hama tanaman atau bahkan memusnahkan mereka dari lingkungannya, yang dapat diklasifikasikan sesuai dengan modus pengunaan energi (panas), radiasi elektromaknetik, shock mekanik, dan control pneumatik.


SOAL LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah soal latihan berikut!
  1. Jelaskan makna pengendalian secara fisik!
  2. Bagaimanakah metode pengendalian secara fisik dalam perlindungan tanaman!
  3. Apa yang dimaksud dengan pengendalian secara mekanis?
  4. Jelaskan apa tujuan pengendalian secara mekanis!
  5. Apa saja kelebihan dan kekurangan pengendalian secara fisik dan mekanis?

 Cocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban Tes Formatif yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Pembelajaran 2.

image/svg+xml Tingkat penguasaan = Jumlah Jawaban yang Benar Jumlah Soal ✕ 100%

Arti tingkat penguasaan : 90 - 100% = baik sekali
80 - 89% = baik
70 - 79% = cukup
< 70% = kurang

 Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan ke modul 8. Bagus! Jika masih di bawah 80%, Anda harus mengulangi materi Kegiatan Pembelajaran 2, terutama bagian yang belum dikuasai.


PETUJUK JAWABAN SOAL LATIHAN

  1. Pengendalian secara fisik adalah tindakan pengendalian hama yang menggunakan faktor fisik seperti menaikkan suhu dengan cara pembakaran, menurunkan suhu dengan penggenangan, solarisasi tanah, lampu perangkap, serta pengaturan cahaya dan suara.
  2. Metode pengendalian secara fisik dalam perlindungan tanaman terdiri dari teknik yang membatasi akses hama ke tanaman, mendaorong perbahan perilaku, atau menyebabkan kerusakan/kematian hama secara langsung
  3. Pengendalian secara mekanis adalah tindakan mematikan hama secara langsung dengan menggunakan tangan atau alat
  4. Pengendalian secara mekanis bertujuan untuk mematikan hama secara lagsung baik dengan hanya menggunakan tangan atau dengan menggunakan alat bantu lain.
  5. Kelebihan dan kekurangan pengendalian secara fisik dan mekanis, antara lain :
    1. Tidak menimbulkan pencemaran pada lingkungan
    2. Dapat dipadukan dengan cara pengendalian lainnya
    3. Memerlukan tenaga yang banyak
    4. Tidak dapat dilakukan untuk lokasi yang luas secara terus-menerus

RANGKUMAN

 Pengendalian fisik merupakan usaha dengan menggunakan atau mengubah faktor lingkungan fisik sedemikian rupa sehingga dapat mematikan atau menurunkan populasi hama yang ditujukan khusus untuk membunuh hama. Pengendalian secara mekanis adalah tindakan mematikan hama secara langsung dengan menggunakan tangan atau alat. Pengendalian secara mekanis bertujuan untuk mematikan hama secara lagsung baik dengan hanya menggunakan tangan atau dengan menggunakan alat bantu lain. Pengendalian fisik dan mekanis merupakan tindakan mengubah lingkungan khusus untuk membasmi hama, dan bukan merupan bagian dari praktek budidaya secara umum. Kelebihan dan kekurangan pengendalian secara fisik dan mekanis, yaitu tidak menimbulkan pencemaran pada lingkungan; dapat dipadukan dengan cara pengendalian lainnya; memerlukan tenaga yang banyak; tidak dapat dilakukan untuk lokasi yang luas secara terus-menerus.


TES FORMATIF

Pilihlah satu jawaban yang tepat!
  1. Faktor fisik dalam pengendalian secara fisik meliputi, kecuali!
    1. Menaikkan suhu dengan cara pembakaran
    2. Pengendalian alami
    3. Lampu perangkap
    4. Solarisasi tanah
  2. Pengendalian fisik merupakan usaha dengan menggunakan atau mengubah faktor lingkungan fisik sedemikian rupa, merupakan pengertian dari?
    1. Pengedalian secara fisik
    2. Pengendalian secara mekanis
    3. Pengendalian hama terpadu
    4. Pengelolaan hama terpadu
  3. Mematikan hama secara lagsung baik dengan hanya menggunakan tangan atau dengan menggunakan alat bantu lain, merupakan tujuan dari?
    1. Pengendalian secara mekanis
    2. Pengendalian secara alami
    3. Pengendalian secara kimiawi
    4. Pengendalian dengan melihat faktor ekologi
  4. Gropyokan adalah?
    1. Kelompok telur penggerek batang
    2. Mengendalikan hama walang sangit dengan menggunakan umpan daging busuk
    3. Pengendalian hama tikus dengan membunuh tikus menggunakan alat
    4. Memasang orang-orangan di tenah sawah
  5. Kelebihan pengendalian secara fisik dan mekanis adalah sebagai berikut!
    1. Memerlukan tenaga yang banyak
    2. Tidak membunuh musuh alami
    3. Tidak dapat dilakukan untuk lokasi yang luas secara terus-menerus
    4. Tidak menimbulkan kerusakan lingkungan
  6. Kekurangan pengendalian secara fisik dan mekanis adalah sebagai berikut!
    1. Tidak dapat dilakukan untuk lokasi yang luas secara terus-menerus
    2. Tidak menimbulkan kerusakan lingkungan
    3. Tidak memerlukan tenaga yang banyak
    4. Menggunakan pertisida yang banyak
  7. Apabila pengendalian fisik dan mekanik dijalankan secara tepat maka?
    1. Dapat menurunkan populasi hama dengan tidak mematkan musuh alami
    2. Dapat menurunkan populasi hama dengan menggunakan pestisida sesuai dosis
    3. Dapat menurunkan populasi hama sacara efektif dan efisien
    4. Dapat menurunkan populasi hama dengan tidak merusak lingkungan
  8. Pengendalian secara mekanik atau fisik melibatkan, kecuali!
    1. Penggunaan hambatan
    2. Populasi hama
    3. Pengambilan secara fisik
    4. Mengurangi populasi hama
Last modified: Thursday, 2 July 2020, 12:10 AM