Evaluasi 1.2

Latihan
a. Petunjuk menjawab soal latihan:
1. Sebelum mengerjakan soal, telitilah terlebih dahulu jumlah soal dan nomor halaman yang terdapat pada naskah. Dalam naskah ini terdapat 5 soal essay
2. Tulislah nama, nomor stambuk pada lembar jawaban
3. Tulisa jawaban secara sistematis dan jelas
4. Tuliskan jawaban anda pada lembar jawaban yang tersedia dengan menggunakan Bolpoin
5. Waktu mengerjakan 25 menit
6. Setiap soal memiliki kriteria penilaian dengan bobot 20 setiap nomornya
7. Berdoalah terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal
8. Kerjakan soal dengan sebaik-baikknya. Mulailah dengan mengerjakan soal yang menurut anda mudah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke soal yang lebih rumit.
9. Teliti jawaban anda sebelum dikumpulkan.
10. Selamat mengerjakan!

b. Soal
1. Berfilsafat dapat melahirkan prinsip hidup yang baik dan benar bagi seseorang, jelaskan apa maksudnya? Kenapa? Berikan contohnya!
2. Buatlah perbedaan penjelasan tujuan pendidikan dari masing-masing aliran filsafat pendidikan!
3. Jelaskan perbedaan antara landasan filsafat umum terhadap filsafat pendidikan progesivisme, esensialisme, perenialisme, konstruktivisme dan pancasila dalam bentuk tabel!
4. Ilmu pengetahuan mempunyai relasi yang kuat terhadap epistemologi pendidikan. Kenapa bisa demikian ?
5. Jelaskan implikasi potensi dasar fitrah manusia terhadap pendidikan!

Evaluasi

1. Empirisisme adalah pencarian kebenaran melalui pembuktian-pembukitan secara ...
a. Nalar                          c. Pemikiran
b Indrawi `                     d. Nyata

2. Pada filsafat pendidikan pancasila, sila yang menekankan bahwa pembangunan dan pelaksanaan pendidikan harus menjaga keseimbangan antara daerah, keberadaan masyarakat dan warga negara, letak dan jarak atau geografis sehingga dapat menjangkau rendah berdiri sama tinggi dan bahu membahu membangun bangsa ini adalah ....
a. Sila Ketuhanan yang Maha Esa
b. Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
c. Sila Persatuan Indonesia
d. Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

3. Paedagogie atau ilmu pendidikan berasal dari bahasa ..........
a. Amerika                      c. Yunani
b. Inggris                        d. Indonesia

4. UNESCO mengemukakan bahwa pendidikan disokong empat pilar. Pilar yang merupakan aktualisasi pengetahuan,kemampuan dan aktualisasi diri yang dinyatakan dalam perbuatan dalam hidup dan kehidupannya, adalah pilar....
a. Learning to Do           c. Learning to Know
b. Learning to Be           d. Learning to Live Together

5. Tri pusat pendidikan di kemukakan oleh ...................
a. Bung Karno               c. Bung Tomo
b. Ki Hajar Dewantara   d. Moh.yamin

6. Manusia yang memiliki, menghayati, dan melakukan nilai – nilai kemanusiaan merupakan eksistensi manusia sebagai makhluk......
a. Manusia Sebagai Makhluk Individu             c. Manusia Sebagai Makhluk Susila
b. Manusia Sebagai Makhluk Sosial                d. Manusia Sebagai Makhluk Religius

7. Berikut ini yang tidak termasuk kedalam hakekat guru atau pendidik adalah.....
a. Guru Merupakan Agen Pembaharuan
b. Guru Berperan Sebagai Pemimpin dan Pendukung Nilai – nilai Masyarakat
c. Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran
d. Guru Sebagai Musuh Peserta Didik

8. Berikut ini yang bukan termasuk kedalam pendekatan scientific adalah
a. Observing                     c. Afektif
b. Questioning                  d. Associating

9. Landasan yang berkenaan dengan sistem nilai, yaitu pandangan seseorang tentang sesuatu terutama berkenaan dengan arti kehidupan, merupakan landasan – landasan pendidikan ....
a. Landasan Filsafat           c. Landasan Hukum
b. Landasan sosiologi        d. Landasan Agama

10. Asas – asas pendidikan yang berkaitan dengan mutu hasil pendidikan yang akan dicapai. Merupakan tujuan dari asas ....
a. Asas Kualitas                 c. Asas Tanggungjawab
b. Asas Demokrasi            d. Asas Kasih Sayang

Last modified: Monday, 20 July 2020, 9:35 PM