Evaluasi 2.2

Latihan
a. Petunjuk menjawab soal latihan:
1. Sebelum mengerjakan soal, telitilah terlebih dahulu jumlah soal dan nomor halaman yang terdapat pada naskah. Dalam naskah ini terdapat 5 soal essay
2. Tulislah nama, nomor stambuk pada lembar jawaban
3. Tulis jawaban secara sistematis dan jelas
4. Tuliskan jawaban anda pada lembar jawaban yang tersedia dengan menggunakan Bolpoin
5. Waktu mengerjakan 25 menit
6. Setiap soal memiliki kriteria penilaian dengan bobot 20 setiap nomornya
7. Berdoalah terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal
8. Kerjakan soal dengan sebaik-baikknya. Mulailah dengan mengerjakan soal yang menurut anda mudah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke soal yang lebih rumit.
9. Teliti jawaban anda sebelum dikumpulkan.
10. Selamat mengerjakan!

b. Soal
1. Jelaskan apa hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan!
2. Berikan penjelasan secukupnya apa persamaan dan perbedaan filsafat dengan ilmu pengetahuan!
3. Jelaskan pengertian pendidikan menurut saudara!
4. Tujuan filsafat pendidikan yang bersifat inspirasional adalah..
5. Proses berfilsafat mengenai pendidikan dimulai?

Evaluasi
Pilihlah Jawaban yang paling benar!
1. Ernst Cassier berpendapat bahawa manusia akan menemukan jatidiri melalui...
a. pergaulan sosial        c. Dirinya sendiri
b. Tuhannya                  d. Kepercayaannya

2. Isi utama dari kajian pendidikan yang bersifat mikro adalah...
a. Interaksi antara pendidikan dan peserta didik
b. Tujuan pendidikan
c. Pengelolaan pendidikan
d. Perancangan pendidikan

3. Budi yang pendiam dan selalu menarik diri dengan temannya, sekarang sudah mulai terbuka dan mempunyai banyak teman. Budi sudah mempunyai sifat percaya diri sejak dia menemukan bakat dalam dirinya dan dapat mengembangkan secara maksimal di sekolahnya. Ilustrasi di atas menunjukkan bahwa sekolah Budi telah menerapkan asas...
a. potensialitas
b. dinamika
c. individualitas
d. keunikan

4. Peningkatan harkat dan martabat manusia secara non material dapat terefleksikan pada perolehan hak asasi....
a. Moral
b. Intelektual
c. Emosional
d. Personal

5. Penerapan hak asasi manusia dalam bidang pendidikan Depdiknas mengeluarkan undang-undang dimana di dalamnya mengatur tentang kewajiban orang tua, masyarakat, dan pemerintah terhadap anak-anak. Penjelasan tersebut diatur dalam undang-undang yang termuat dalam...
a. pasal 2 UU RI Nomor 20 tahun 2oo3
b. pasal 30 UUD 1945
c. pasal 5 UU RI Nomor 20 Tahun 2003
d. pasal 7 UU RI Nomor 20 Tahun 2003

6. Yang dimaksud filsafat pendidikan adalah...
a. cara berpikir radikal tantang pendidikan
b. berpikir menyeluruh dan mendasar tentang pendidikan
c. sistem pendidikan yang melandasi tujuan pendidikan
d. perangkat nilai yang melandasi arah pencapaian tujuan pendidikan

7. Landasan yuridis pendidikan merupakan sesuatu yang diharapkan dan mengikat untuk dilaksanakan oleh setiap pengelola, penyelenggara, dan pelaksana pendidikan di dalam sistem pendidikan nasional. Karena landasan pendidikan bersifat....
a. Sempurna
b. Ideal dan normatif
c. Mengikuti perkembangan ilmu
d. Sempurna dan normatif

8. Pemilihan dan aplikasi metode pembelajaran sesuai dengan dasar filsafat seharusnya bersifat...
a. Multifungsi
b. Multimedia
c. Multimetode
d. Multiintegrasi

9. Adanya kelas percepatan atau akselerasi di suatu sekolah bertujuan untuk mengakomodasi siswa yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata. Program percepatan di sekolah tersebut bertujuan untuk menerapkan teori...
a. Nativisme
b. Empirisme
c. Konvergensi
d. Humanisme

10. Hubungan pendidikan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah....
a. Pendidikan terselenggara untuk bangsa dan negara
b. Pendidikan merupakan bagian integral dari pembangunan
c. Pendidikan meningkatkan ketahanan dalam suatu negara
d. Pendidikan milik bangsa dan dilaksanakan oleh Negara

Last modified: Monday, 20 July 2020, 10:06 PM