Evaluasi 4.1

Latihan

Petunjuk menjawab soal latihan:

  1. Sebelum mengerjakan soal, telitilah terlebih dahulu jumlah soal dan nomor halaman yang terdapat pada naskah. Dalam naskah ini terdapat 5 soal essay
  2. Tulislah nama, nomor stambuk pada lembar jawaban
  3. Tulis jawaban secara sistematis dan jelas
  4. Tuliskan jawaban anda pada lembar jawaban yang tersedia dengan menggunakan Bolpoin
  5. Waktu mengerjakan 25 menit
  6. Setiap soal memiliki kriteria penilaian dengan bobot 20 setiap nomornya
  7. Berdoalah terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal
  8. Kerjakan soal dengan sebaik-baiknya. Mulailah dengan mengerjakan soal yang menurut anda mudah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke soal yang lebih rumit.
  9. Teliti jawaban anda sebelum dikumpulkan.
  10. Selamat mengerjakan!

Soal

  1. Konsep aliran realisme berbeda dengan konsep pendidikan aliran rasionalisme. Bandingkan kedua konsep aliran tersebut, dan sebutkan pengaruhnya pada pendidikan dewasa ini !
  2. John Locke adalah tokoh yang terkenal dalam usahanya menggabungkan pandangan­pandangan disiplinarianisme dan rasionalisme. Lukiskan pandangan John Locke dan sebutkan pengaruhnya !
  3. Tokoh-tokoh aliran developmentalisme ada beberapa orang, seperti JH Pestalozzi, JF. Herbart, WF. Frobel dan lain sebagainya. Sebutkan pendapat Herbart di bidang pendidikan dan pengajaran. Kemudian juga pengaruh Herbart di bidang pendidikan persekolahan dewasa ini !
  4. Lukiskan pandangan pendidikan John Dewey dan tergolong pada aliran pendidikan yang manakah tokoh John Dewey itu ?
  5. At-Tarbiyah bil-ma’nal ‘aam wal-hayatu syaiun wahid (hidup adalah pendidikan dan pendidikan adalah hidup itu sendiri), berikan penjelasan singkat !

 Evaluasi Pilihlah jawaban yang paling benar!

1. Membahas tentang yang ada, yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu adalah pengertian dari ....

      a. Fisiologi                 b. Ontologi

       c. Sejarah filsafat      d. Pendekatan intuitif

2. Yang termasuk sifat Gradasi adalah...

      a. Dari yakin ke ragu b. Selalu yakin

      c. Dari ragu ke yakin d. Tidak meyakini

3. Dibawah ini merupakan penyebab lahirnya filsafat, kecuali ....

      a. Pertentangan antara mitos dan logos b. Rasa ingin tahu

     c. Rasa percaya akan peninggalan nenek dan moyang d. Rasa kagum

4. Kebenaran diputuskan/ dikemukakan oleh pemegang otoritas tertentu disebut.....

     a. Teori proposisi b. Teori pragmatik

     c. Teori perfomati d. Teori korespondensi

5. Kenyataan yang benar-benar terjadi, yang pasti dan tidak dapat dipungkiri lagi disebut ....

     a. Kebenaran b. Ilmu filsafat

     c. Proposisi d. Korespondensi

 6. Dibawah ini unsur-unsur dari Empedokles, kecuali ....

     a. Angin           b. Air

     c. Udara          d. Api

 7. Yang termasuk kedalam pendekatan-pendekatan dalam filsafat ilmu adalah ...

      a. Pendekatan fenomenologis pada gejala pengetahuan

      b. Pendekatan formologi

      c. Pendekatan biologis

      d. Pendekatan diri

8. Filsafat lahir adanya kekaguman manusia tentang dunia dan lingkungannya,pengertian lahirnya filsafat tersebut menurut...

     a. Plato b. Aristoteles

     c. Rene d. Alfarabi

9. Filsafat adalah pengetahuan tentang yang ada menurut hakikatnya yang sebenarnya merupakan pendapat dari...

     a. Aristoteles b. Thales

     c. Rene         d. Alfarabi

10. Filsafat adalah sebagai suatu proses berpikir untuk memperoleh jawaban-jawaban dari berbagai problem merupakan pengertian filsafat berdasarkan...

     a. Filsafat dari sisi kebahasaan b. Filsafat sebagai suatu aktifitas

     c. Filsafat sebagai ilmu             d. Filsafat sebagai konsep kehidupan

Last modified: Tuesday, 21 July 2020, 12:18 PM