Evaluasi 4.2

Latihan

  1. Petunjuk menjawab soal latihan:
  2. Sebelum mengerjakan soal, telitilah terlebih dahulu jumlah soal dan nomor halaman yang terdapat pada naskah. Dalam naskah ini terdapat 5 soal essay
  3. Tulislah nama, nomor stambuk pada lembar jawaban
  4. Tulisa jawaban secara sistematis dan jelas
  5. Tuliskan jawaban anda pada lembar jawaban yang tersedia dengan menggunakan Bolpoin
  6. Waktu mengerjakan 25 menit
  7. Setiap soal memiliki kriteria penilaian dengan bobot 20 setiap nomornya
  8. Berdoalah terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal
  9. Kerjakan soal dengan sebaik-baikknya. Mulailah dengan mengerjakan soal yang menurut anda mudah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke soal yang lebih rumit.
  10. Teliti jawaban anda sebelum dikumpulkan.
  11. Selamat mengerjakan!

Soal

  1. Di bawah ini ada sejumlah filosof Barat. Jelaskan secara singkat; a. Riwayat pendidikan/ hidupnya,b. Epistemologi pendidikannya, c. Ontologinya dan akksiolopginya. Yaitu sbb;a.Plato b.Aristoteles c. J.J. Rausseau d. Rene Descartese. John Locke f. Immanual Kant g. Wilhelm Friedirech Hegelh. Bennedit de Spinoza i. George Berkeley dan j. David Hume.
  2. Salah satu rumusan filsafat menyatakan bahwa manusia adalah makhluk yang menggunakan lambang-lambang atau simbol. Buktikan bahwa pandangan tersebut ada benarnya dan tunjukkan realitas sosialnya dalam kehidupan di sekitar Anda !
  3. Buktikan kebenaran pernyataan ini bahwa manusia adalah makhluk yang memerlukan pendidikan, dapat dididik dan dapat mendidik !
  4. Jelaskan dengan singkat kedudukan filsafat dalam kehiudpan manusia!
  5. Bandingkan pemikiran ilmiah dan pemikiran filosofis dengan memperhatikan tujuan pemikiran, objek, metode, sifat pemikiran dan kebenaran yang dikejar!

Evaluasi

1. Pak Hanafi akan selalu membantu memecahkan masalah siswanya. Hal ini disebabkan oleh tugas guru yang dilandasi...

  1. kewajibannya
  2. kasih sayang
  3. keyakinannya
  4. tanggung jawab

 2. Pada awal perkembangan agama islam di Jawa dan Sumatera, pendidikan agama Islam dilakukan di tempat berikut, yaitu....

  1. di langgar/surau
  2. sekolah
  3. rumah penduduk
  4. tempat peristirahatan

3. Zaman yang menjadi ujung tombak dari essensialisme adalah....

  1. Romawi kuno
  2. Renaissance
  3. Romawi
  4. Yunani

4. Sekolah-sekolah yang diselenggarakan dengan lebih berorientasi kepada agama tertentu dapat terjadi karena adanya filsafat pendidikan yang bersifat...

  1. konstruktivisme
  2. pereanilisme
  3. essensialisme
  4. progresivisme

 5. Pandangan filsafat pendidikan perenialisme berkeyakinan bahwa peradaban dasar dunia dipengaruhi oleh hal berikut, kecuali...

  1. nilai
  2. realita
  3. pengetahuan
  4. keyakinan

6. Pendidikan pada zaman kolonial belanda ditandai dengan hal-hal berikut, kecuali...

  1. keragaman dalam jenjang pendidikan
  2. pendidikan bermuatan keagamaan yang diimbangi dengan pengetahuan dan keterampilan
  3. pemisahan sekolah eropa dan sekolah bumi putra
  4. sekolah dilengkapi dengan fasilitas asrama

7. Tujuan pendidikan pada awal kemerdekaan adalah...

  1. membentuk manusia susila yang cakap
  2. membentuk warga negara yang demokratis
  3. menekankan pada jiwa patriotisme
  4. Pembentuk manusia yang bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat

8. Tantangan yang dihadang pembangunan pendidikan selama PJP I selain rendahnya relevansi dan mutu pendidikan serta kurangnya peran serta dunia usaha dalam pendidikan juga....

  1. efisiensi pendidikan
  2. banyaknya kelompok umur 30 tahun ke atas yang buta huruf
  3. tingginya putus sekolah
  4. efektivitas pendidikan

9. Konstruktivisme adalah suatu filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan kita adalah...

  1. pengalaman kita sendiri
  2. konstruksi kita sendiri
  3. latihan kita sendiri
  4. penemuan kita sendiri

10. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kebudayaan adalah...

  1. lama dan baru
  2. terlihat dan tersembunyi
  3. stabil dan berubah
  4. d. organik dan super organik
Last modified: Tuesday, 21 July 2020, 12:24 PM