Evaluasi 5.2

Latihan
a. Petunjuk menjawab soal latihan:
1. Sebelum mengerjakan soal, telitilah terlebih dahulu jumlah soal dan nomor halaman yang terdapat pada naskah. Dalam naskah ini terdapat 5 soal essay
2. Tulislah nama, nomor stambuk pada lembar jawaban
3. Tulis jawaban secara sistematis dan jelas
4. Tuliskan jawaban anda pada lembar jawaban yang tersedia dengan menggunakan Bolpoin
5. Waktu mengerjakan 25 menit
6. Setiap soal memiliki kriteria penilaian dengan bobot 20 setiap nomornya
7. Berdoalah terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal
8. Kerjakan soal dengan sebaik-baikknya. Mulailah dengan mengerjakan soal yang menurut anda mudah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke soal yang lebih rumit.
9. Teliti jawaban anda sebelum dikumpulkan.
10. Selamat mengerjakan!

b. Soal
1. Jelaskan konsep pendidikan essensialisme!
2. Bagiamanakah pandangan umum filsafat essensialisme?
3. Jelaskan prinsip-prinsip pendidikan essensialisme!
4. Bagaimanakah penerapan filsafat essensialisme dalam pembelajaran?
5. Hakikat aliran filsafat essensialisme adalah?

Evaluasi
Pilihlah jawaban yang paling benar!
1. Aliran yang berpikir sederhana dan berfikir realitas sebagaimana adanya adalah ciri dari?
a. Filsafat pendidikan realisme
b. Filsafat pendidikan idealisme
c. Filsafat pendidikan materialisme
d. Filsafat pendidikan pragmatisme

2 Manakah yang termasuk dari 3 pokok pemikiran pendidikan yang didasarkan menurut John Dewey.....
a. Pendidikan sebagai jaminan kehidupan yang layak
b. Pendidikan merupakan sebuah kewajiban
c. Pendidikan berfungsi untuk penggalian pengetahuan
d. Pendidikan sebagai pertumbuhan

3. Yang termasuk dalam pengertian filsafat pendidikan idealisme adalah..
a. Bahwa kenyataan tersusun atas gagasan atau spirit
b. Bahwa kenyataan tersusun atas norma-norma yang berlaku
c. Bahwa kenyataan tersusun atas asas-asas kekeluargaan
d. Bahwa kenyataan tersusun atas faham kebebasan berdemokrasi

4 Semua lingkungan yang berpengaruh terhadap perkembangan kepribadian seseorang merupakan pengertian dari......
a. Lingkungan keluarga
b. Lingkungan pendidikan
c. Lingkungan sekolah
d. Lingkungan masyarakat

5. Dari batasan pendidikan, maka dapat dikatakan bahwa perumusan yang baik harus berdasarkan unsur sebagai berikut, yaitu.....?
a. Bentuk pendidikan, pelaku pendidikan, pengurus pendidikan
b. Bentuk pendidikan, pelaku pendidikan, sasaran pendidikan, sifat pendidikan, tujuan pendidikan
c. Pelaku pendidikan, pemberi pendidikan, tu'uan pendidikan, pelaksana pendidikan
d. Sasaran pendidikan, pelaku pendidikan, pemberi pendidikan

6. Salah satu upaya yang dapat dilakukan sindiknas untuk mempersatukan pendidikan di Indonesia adalah...?
a. Pendidikan dilandasi oleh kemampuan peserta didik
b. Menambah tenaga pendidik ke daerah terpencil
c. Menambah dana ke daerah-daerah untuk membantu pendidikan
d. Pengelolaan pendidikan di semua tingkatan harus secara presional

7. Salah satu kebijakan yang diambil pemerintah untuk mema'ukan pendidikan adalah..?
a. Menambah tenaga pendidik
b. Mensosialisasikan pentingnya pendidikan kepada daerah-daerah terpencil
c. Menambah sekolah-sekolah ke daerah-daerah terpencil
d. Konsep manejemen pendidikan berbasis sekolah, standarisasi pendidikan dan sebagainya

8. Kelanjutan yang logis dari cara berfikir progresifisme dalam pendidikan adalah pengertian filsafat pendidikan..?
a. Filsafat pendidikan realisme
b. Filsafat pendidikan idealisme
c. Filsafat pendidikan materialisme
d. Filsafat pendidikan rekonstruksionisme

9. Jiwa manusia adalah roh yang berasal dari ide ekternal dan sempurna, Pandangan ini dikemukakan oleh?
a. Plato                   c. Socrates
b. Kattof                 d. Van der viej

10. Filsafat adalah ilmu (pengetahuan) yang menjadi pokok pangkal dari segala pengetahuan, yang didalamnya tercakup masalah epistemology (filsafat pengetahuan) yang menjawab persoalan apa yang dapat kita ketahui adalah pengertian filsafat menurut?
a. Plato          b. Lageveld                 c. Immanuel Kant                 d. Al Faribi

Last modified: Tuesday, 21 July 2020, 12:52 PM