Evaluasi 6.1

Latihan
a. Petunjuk menjawab soal latihan:
1. Sebelum mengerjakan soal, telitilah terlebih dahulu jumlah soal dan nomor halaman yang terdapat pada naskah. Dalam naskah ini terdapat 5 soal essay
2. Tulislah nama, nomor stambuk pada lembar jawaban
3. Tulis jawaban secara sistematis dan jelas
4. Tuliskan jawaban anda pada lembar jawaban yang tersedia dengan menggunakan Bolpoin
5. Waktu mengerjakan 25 menit
6. Setiap soal memiliki kriteria penilaian dengan bobot 20 setiap nomornya
7. Berdoalah terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal
8. Kerjakan soal dengan sebaik-baikknya. Mulailah dengan mengerjakan soal yang menurut anda mudah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke soal yang lebih rumit
9. Teliti jawaban anda sebelum dikumpulkan.
10. Selamat mengerjakan!

b. Soal
1. Bagaimanakah pandangan perenialisme tentang belajar?
2. Bagaimanakah pandangan perenialisme mengenai pendidikan?
3. Sebutkan dan jelaskan asas-asas yang ada dalam filsafat perenialiseme!
4. Bagaimanakah prinsip-prinsip pendidikan perenialisme?
5. Jelaskan hakikat filsafat perenialisme!

Evaluasi
Pilihlah jawaban yang paling benar!
1. Tidak semua pergaulan maupun pengaruh orang dewasa kepada seorang anak disebut perbuatan mendidik. Ada kriteria/karakteristik khusus untuk bisa dikatakan perbuatan mendidik, yaitu ....
b. Pengaruh harus diciptakan oleh orang dewasa dengan tujuan untuk menciptakan kedewasaan anak
c. Harus ada undang-undang tersendiri yang mengatur hubungan dan pergaulan tersebut
d. Ada sarana dan prasarana sebagai media pergaulan antara anak dan orang dewasa
e. Memiliki waktu khusus seperti layaknya jam belajar di sekolah

2. Pak Bonar adalah guru yang terkenal sangat galak, ia suka memukul siswa yang dianggap bersalah, para siswa menjadi takut tetapi tidak hormat kepadanya. Berbeda dengan pak Ali yang guru Agama. Ia pendiam, penyabar, sangat teliti dan murah senyum, anak-anak menjadi segan dan hormat kepadanya. Adakah perbedaan rasa hormat siswa kepada kedua orang guru di atas? jika ada apa penyebabnya?
a. Pak Bonar dihormati siswa karena kegalakannya, dan pak Ali dihormati karena pendiamnya
b. Pak Bonar dihormati siswa karena ia guru matematika, pak Ali dihormati siswa karena ia guru agama
c. Dengan pak Bonar anak menjadi takut melakukan kesalahan, tetapi dengan pak Ali anak menjadi acuh tak acuh dan masa bodoh
d. Guru yang dihormati siswa karena wibawanya adalah guru yang memperhatikan dan menyayangi siswanya

3. Pendidikan dianggap mampu mengubah terutama dalam hal membina kebudayaan baru yang memungkinkan dapat menyelamatkan manusia dimasa depan yang semakin komplek, apalagi di era globalisasi sekarang ini. Pandangan ini dikemukakan oleh aliran ....
a. Behavior
b. Progresivisme
c. Humanisme
d. Psikologi kognitif

4. Menurut Mohammad Noor Syam bahwa pengalaman manusia mempunyai empat karakteristik, yaitu spasial, temporal, dinamis, dan pluralistis. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengalaman itu adalah pluralistis? Pengalaman itu ....
a. Terjadi dimana saja dalam kehidupan manusia
b. Baik alam, kebudayaan, dan pengalaman selalu berkembang setiap saat
c. Hidup, dan menuntut adaptasi dan readaptasi dalam semua perubahan yang terjadi secara terus menerus
d. Terjadi selama adanya hubungan dan interaksi dan selama individu terlibat pergaulan

5. Pendidikan bertugas memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai kebenaran yang pasti, absolut, dan abadi yang ada pada kebudayaan masa lampau, dan dipandang sebagai kebudayaan yang ideal. Pandangan tentang pendidikan tersebut, dikemukakan oleh ....
a. Behaviorisme
b. perenialisme
c. Nativisme
d. Konvergensi

6. Salah satu faktor yang mempengaruhi difusi inovasi adalah komunikasi. Ada dua bentuk komunikasi yang sangat mempengaruhi proses difusi inovasi yaitu komunikasi konvergen dan komunikasi linear. Ciri utama dari komunikasi konvergen adalah ....
a. Dilakukan oleh dua individu/kelompok yang memiliki kesamaan satu sama lain
b. Saling mempengaruhi dan menyampaikan informasi sehingga diperoleh saling pengertian
c. Dimana partisipan berbagi informasi untuk mencapai pengertian satu sama lain
d. Adanya informasi, ketidakmenentuan, adanya saling pemahaman, adanya saling persetujuan, kegiatan bersama, dan hubungan jaringan

7. Sistem sosial yang melaksanakan kegiatan inovasi pendidikan meliputi: ukuran dan kewilayahan, kegiatan pemeliharaan terbatas, fasilitas fisik, penggunaan waktu, tujuan yang ingin dicapai, prosedur yang digunakan, dan seterusnyA. Dari sistem sosial di atas, pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan definisi berikut "suatu sistem sosial yang secara nyata membatasi dari pelaksanaan suatu perubahan pendidikan"
a. Ukuran dan kewilayahan
b. Kegiatan pemeliharaan terbatas
c. Fasilitas fisik
d. Prosedur yang digunakan

8. Pada dasarnya upaya pembaharuan pendidikan tertuju pada peningkatan mutu proses dan produk sistem pendidikan nasional. Proses dan produk tersebut terutama tertuju/tersangkut dalam bidang ....
a. Peningkatan pemerataan kesempatan belajar
b. Pembebasan biaya pendidikan pada pendidikan dasar
c. Cara mengatasi kendala terhadap pelaksanaan inovasi pendidikan
d. Pendemokrasian pendidikan di Indonesia

9. Pilihlah contoh pendidikan nonformal di bawah ini yang penyelenggaraannya dilakukan secara tidak terstruktur dan tidak berjenjang, tetapi pelaksanaanya membutuhkan waktu yang cukup lama ....
a. Kursus bahasa Inggris
b. Kejar Paket A dan Paket B
c. Secara rutin memanggil ahli agama kerumah untuk memberi ceramah tentang agama kepada anak-anak dan keluarga
d. Kursus komputer dan perbengkelan

10. Menurut Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, bahwa kaum pendidik hanya dapat menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan lahir batin agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kodrat alam. Dari pernyataan di atas, implikasinya bagi guru adalah ....
a. Semua sarana, materi pendidikan, dan cara-cara mendidik harus dipilih sesuai dengan hakikat peserta didik
b. Semua guru harus menguasai berbagai kompetensi mengajar
c. Kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikan faktor perkembangan peserta didik
d. Media pembelajaran yang digunakan guru harus tepat dan sesuai dengan jenjang pendidikan siswa

Last modified: Tuesday, 21 July 2020, 1:12 PM