Evaluasi 6.2

Latihan
a. Petunjuk menjawab soal latihan:
1. Sebelum mengerjakan soal, telitilah terlebih dahulu jumlah soal dan nomor halaman yang terdapat pada naskah. Dalam naskah ini terdapat 5 soal essay
2. Tulislah nama, nomor stambuk pada lembar jawaban
3. Tulis jawaban secara sistematis dan jelas
4. Tuliskan jawaban anda pada lembar jawaban yang tersedia dengan menggunakan Bolpoin
5. Waktu mengerjakan 25 menit
6. Setiap soal memiliki kriteria penilaian dengan bobot 20 setiap nomornya
7. Berdoalah terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal
8. Kerjakan soal dengan sebaik-baikknya. Mulailah dengan mengerjakan soal yang menurut anda mudah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke soal yang lebih rumit.
9. Teliti jawaban anda sebelum dikumpulkan.
10. Selamat mengerjakan!

b. Soal
1. Bagaimanakah penerapan aliran filsafat rekonstruksionisme dalam dunia pendidikan sekarang?
2. Apakah kelebihan dan kekurangan aliran filsafat rekonstruksionisme?
3. Jelaskan hakikat aliran filsafat rekonstruksionisme?
4. Apa itu Aliran Rekonstruksionisme dalam Filsafat Pendidikan?
5.Ciri-Ciri Aliran Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme serta Prinsip-Prinsip Rekonstruksionisme tersebut ?

Evaluasi
Pilihlah jawaban yang paling benar!
1. Bentuk keluarga dibedakan atas keluarga patriarhat, keluarga matrilineal, keluarga patrilineal, dan keluarga equaliterian. Semua bentuk keluarga tersebut dibedakan berdasarkan ....
a. Garis keturunan
b. Pemegang kekuasaan
c. Bentuk perkawinan
d. Keutuhan keluarga

2. Secara umum, tujuannya adalah memberikan bekal kemampuan kepada peserta didik dalam mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan sebagai makhluk Tuhan. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan dari ....
a. Instruksional umum
b. Instruksional khusus
c. Pendidikan nasional
d. Pendidikan sekolah

3. Idris Sardi adalah pemain biola terkenal di Indonesia, tetapi kepiawaiannya bermain biola tidak satupun yang menurun kepada anak-anaknya. Salah satu penyebabnya adalah tidak satupun anak-anak Idris Sardi yang memiliki bakat bermain musik. Contoh di atas merupakan pendapat dari aliran pendidikan menurut ....
a. Nativisme
b. Empirisme
c. Konvergensi
d. Behaviour

4. Pranata sosial adalah sebagai suatu sistem peran dan norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi disekitar pemenuhan kebutuhan atau fungsi sosial yang penting. Pernyataan di atas dikemukakan oleh ....
a. Peter L. Berger
b. Komblum
c. Theodorson. G.A
d. Piaget

5. Landasannya merupakan seperangkat asumsi yang bersumber dari hasil studi dan disiplin ilmu yang dijadikan titik tolak dalam rangka praktek pendidikan. Pernyataan tersebut merupakan landasan dari ....
a. Psikologi
b. Sosiologi
c. Antropologi
d. Pedagogik

6. Manakah pernyataan di bawah yang merupakan landasan historis pendidikan Indonesia ....
a. Zaman pengaruh Spanyol dan Portugis
b. Undang-Undang Dasar RI Tahun 1945
c. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003
d. Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990

7. Aliran ini berimplikasi terhadap pendidikan, khususnya bidang sains dan matematika. Aliran ini merupakan aliran filsafat yang tema utamanya berkaitan dengan hakikat pengetahuan. Aliran yang dimaksud adalah ....
a. Perenialisme
b. Progresivisme
c. Kontruktivisme
d. Esensialisme

8. Pada masa ini pendidikan dianggap sebagai hak semua orang, oleh sebab itu pendidikan bersifat demokratis, dan tidak otokratis. Pendidikan pada masa ini tidak mengenal kurikulum, kalaupun ada kurikulumnya tidak tertulis. Situasi pendidikan seperti ini terdapat pada zaman kerajaan ....
a. Hindu - Budha
b. Islam
c. Pengaruh Portugis dan Spanyol
d. Kolonial Belanda

9. Selain jiwa UUD 1945 yang dijadikan landasan konstitusi pendidikan pada periode awal kemerdekaan (1945 - 1950), terdapat Undang-Undang lain yang digunakan, yaitu ....
a. UUD RIS Tahun 1950
b. UU Nomor 7 Tahun 1950
c. UU RI Nomor 12 Tahun 1954
d. UU RI Nomor 4 Tahun 1950 de fakto

10. Menurut Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, bahwa kaum pendidik hanya dapat menuntun tumbuh dan hidupnya kekuatan-kekuatan lahir batin agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kodrat alam. Dari pernyataan di atas, implikasinya bagi guru adalah ....
a. Semua sarana, materi pendidikan, dan cara-cara mendidik harus dipilih sesuai dengan hakikat peserta didik
b. Semua guru harus menguasai berbagai kompetensi mengajar
c. Kurikulum harus dikembangkan dengan memperhatikan faktor perkembangan peserta didik
d. Media pembelajaran yang digunakan guru harus tepat dan sesuai dengan jenjang pendidikan siswa

Last modified: Tuesday, 21 July 2020, 1:47 PM