Hama Tanaman dari Perspektif Ekologi

 Konsep PHT adalah suatu sistem pengelolaan hama tanaman yang menggunakan pendekatan ekologi, guna menjamin pelaksanaan PHT berjalan dengan baik maka diperlukan pemahaman mengenai ekologi hama tanaman. Sebelum memperlajari hama tanaman dai perspektif ekologi lebih lanjut, terlebih dahulu anda perlu memahami konsep dasar dari ekologi. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari terkait dasar lingkungan yang merupakan kajian yang membahas mengenai hubungan anorganik dan lingkungan organik yang ada disekitarnya. Pengertian ini kemudian dikenak sebagai kajian yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Istilah ekologi pertama kali diperkenalkan tahun 1866 oleh Ernst Haecckel (ahli biolgi dari Jerman). Ekologi sediri terbagi menjadi dua ketagori, antara lain:

  1. Autokologi, yaitu disiplin ilmu yang mempelajari sejarah hidup serta pola adaptasi dari individu organisme atas lingkungan sekitarnya;
  2. bSinekologi, merupakan bagian dari ilmu ekologi yang mempelajari golongan atau sekumpulan organisme dimana mereka berasosiasi membentuk sebuah kesatuan padu yang tak bisa dipisahkan satu sama lainnya.

 Jadi, apabila kita berbicara mengenai hama tanaman dari perspektif ekologi, maka hendaknya mengkaji dengan menggunakan pendekatan autokologi. Selain itu, pendekatan ekologi tidak terlepas dari pengetahuan bioteknologi. Pengetahuan terkait bioekologi hama pada dasar ekologi pengelolaan hama terpadu (PHT) merupakan suatu hal mutlak yaitu bagaimana prilaku makan hama, cara bermigrasi, pertumbuhan populasi, dan musuh alami hama. Konsep PHT ekologi berangkat dari perkembangan dan penerapan PHT dalam sistem pertanian di tempat tertentu. Dalam hal ini, pengendalian hama didasarkan pada pengetahuan dan informasi tentang dinamika populasi hama dan musuh alami serta keseimbangan ekosistem. Pendekatan ekologi pada dasarnya merupakan pendekatan multidisiplin untuk mengelola polupasi hama dan penyakit tanaman dengan memanfaatkan berbagai faktor pengendalian yang kompatibel dalam satu kesatuan koordinasi pengelolaan hama tanaman. Pendekatan ekologi dalam PHT merupakan upaya dalam menangani semakin meningkatnya serangan hama akibat penggunaan pestisida kepada tanaman, karena salah satu faktor yang dapat mendorong timbulnya serangan populasi hama tanaman adalah karena menggunakan pestisida yang berlebihan sehingga berdampak terhadap resistennya hama serta kematian musuh alami hama. Banyak hasil penelitian yang mengemukakan bahwa penggunaan pestisida justru membuat musuh alami hama mati karena musuh alami lebih peka terhadap pemberian pestisida daripada hama itu sendiri, selain itu juga berdampak terhadap menurunnya populasi musuh alami akibat dari berkurangnya makanannya di alam (hama) yang menjadi makanan utamanya. Tujuan dari PHT menggunakan pendekatan ekologi ialah untuk meminimalisasi pengaruh negatif dari pemberian pestisida terhadap spesies yang bukan sasaran dan lingkungan, serta lebih mengembangkan pendekatan yang ekonomis, berkelanjutan, dan mempunyai dampak positif untuk jangka panjang.


SOAL LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah soal latihan berikut!
  1. Jelaskan pengertian ekologi
  2. Sebutkan dan jelaskan pembagian kategori dari ekologi!
  3. Mengapa pengetahuan terkait bioekologi sangat diperlukan pada dasar ekologi PHT?
  4. Apa faktor yang mendorong timbulnya serangan opulasi hama?
  5. Apa tujuan dari PHT menggunakan pendekatan ekologi?

 Cocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban Tes Formatif yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Pembelajaran 3.

image/svg+xml Tingkat penguasaan = Jumlah Jawaban yang Benar Jumlah Soal ✕ 100%

Arti tingkat penguasaan : 90 - 100% = baik sekali
80 - 89% = baik
70 - 79% = cukup
< 70% = kurang

 Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan ke Modul 4. Bagus! Jika masih di bawah 80%, Anda harus mengulangi materi Kegiatan Pembelajaran 3, terutama bagian yang belum dikuasai.


PETUNJUK JAWABAN SOAL LATIHAN

  1. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari terkait dasar lingkungan yang merupakan kajian yang membahas mengenai hubungan anorganik dan lingkungan organik yang ada disekitarnya.
  2. Ekologi sediri terbagi menjadi dua ketagori, antara lain:
    1. Autokologi, yaitu disiplin ilmu yang mempelajari sejarah hidup serta pola adaptasi dari individu organisme atas lingkungan sekitarnya;
    2. Sinekologi, merupakan bagian dari ilmu ekologi yang mempelajari golongan atau sekumpulan organisme dimana mereka berasosiasi membentuk sebuah kesatuan padu yang tak bisa dipisahkan satu sama lainnya.
  3. Karena pengetahuan terkait bioekologi hama pada dasar ekologi pengelolaan hama terpadu (PHT) merupakan suatu hal mutlak yaitu bagaimana prilaku makan hama, cara bermigrasi, pertumbuhan populasi, dan musuh alami hama.
  4. Faktor yang dapat mendorong timbulnya serangan populasi hama tanaman adalah karena menggunakan pestisida yang berlebihan sehingga berdampak terhadap resistennya hama serta kematian musuh alami hama.
  5. Tujuan dari PHT menggunakan pendekatan ekologi ialah untuk meminimalisasi pengaruh negatif dari pemberian pestisida terhadap spesies yang bukan sasaran dan lingkungan, serta lebih mengembangkan pendekatan yang ekonomis, berkelanjutan, dan mempunyai dampak positif untuk jangka panjang

RANGKUMAN

 Ekologi terbagi menjadi dua kategori, yaitu Autokologi dan Sinekologi, namun apabila Mempelajari Tanaman dari perspektif ekologi hendaknya menggunakan kajian autokologi. Tujuan dari PHT menggunakan pendekatan ekologi ialah untuk meminimalisasi pengaruh negatif dari pemberian pestisida terhadap spesies yang bukan sasaran dan lingkungan, serta lebih mengembangkan pendekatan yang ekonomis, berkelanjutan, dan mempunyai dampak positif untuk jangka Panjang.


TES FORMATIF

Pilihlah satu jawaban yang tepat!
  1. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai?
    1. Hubungan anorganik dan lingkungan organik yang ada disekitarnya
    2. Proses pemberian insektisida sesuai dosis
    3. Hubungan hama dan lingkungannya
    4. Semua jawaban benar
  2. Ernst Haecckel merupakan orang yang pertama kali memperkenalkan ekologi berasal dari negara?
    1. Inggris
    2. Jerman
    3. Amerika
    4. Rusia
  3. Kapan pertama kali ekologi diperkenalkan?
    1. Tahun 1666
    2. Tahun 1766
    3. Tahun 1866
    4. Tahun 1966
  4. Dua kategori ekologi adalah?
    1. Autokologi dan Sinekologi
    2. Biologi dan Bioekologi
    3. Sinekologi dan Bioteknologi
    4. Autokologi dan Bioekologi
  5. Berkaitan dengan hama tanaman dari perspektif ekologi menggunakan pendekatan apa?
    1. Sinekologi
    2. Bioteknologi
    3. Autokologi
    4. Bioekologi
  6. Pendekatan ekologi dalam PHT merupakan upaya untuk?
    1. Menangani semakin meningkatnya serangan hama akibat penggunaan pestisida kepada tanaman
    2. Menangani semakin buruknya tanah akibat pestisida
    3. Menangani semakin banyaknya tanaman yang rusak akibat cuaca yang tidak baik
    4. Jawaban A, B, dan C salah semua
  7. Apakah dampak dari penggunaan pestisida pada tanaman?
    1. Meningkatnya kersakan tanaman
    2. Matinya musuh alami
    3. Semakin meningkatnya musuh alami
    4. Buruknya kesuburan tanah
  8. Apakah tujuan dari PHT menggunakan pendekatan ekologi?
    1. Meminimalisasi pengaruh negatif dari pemberian pestisida terhadap spesies yang bukan sasaran dan lingkungan
    2. Lebih mengembangkan pendekatan yang ekonomis, dan berkelanjutan
    3. Mempunyai dampak positif untuk jangka panjang.
    4. Jawaban A, B, dan C benar semua
Last modified: Wednesday, 1 July 2020, 11:59 PM