Dasar Ekologi

 Seperti yang telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya, ekologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungannya. Ekologi juga disebut dasar pokok ilmu lingkungan (Soerjaatmadja: 1981). Dasar ekologi tidak terlepas dari ekosistem, maka perlu anda ketahui terlebih dahulu mengenai konsep ekosistem. Unsur dasar suatu ekosistem adalah individu organisme. Nilai konsep ekosistem ditekankan pada interaksi semua faktor di suatu lingkungan yang mendorong kita untuk melihat lebih jauh mengenai studi terhadap aspek aktivitas biologis. Guna menganalisa mengenai perubahan populasi, maka studi terhadap individu dan populasi merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Studi terhadap populasi meliputi studi kualitas dan kuantitas populasi. Populasi secara konstan dapat beradaptasi terhadap perubahan kondisi biotik dan abiotik, sehingga ukuran populasi tergantung pada keberhasilan populasi dalam beradaptasi terhadap perubahan.

 Secara alami, setiap individu apabila berinteraksi dengan individu lainnya serta interaksi antar populasi pada tingkat komunitas dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Selain itu, faktor yang berpengaruh terhadap anggota suatu komunitas adalah suhu dan kelembaban, kondisi tanah dan air, topografi, pengairan, dan penaungan, hal tersebut dapat menguntungkan atau bahkan merugikan terhadap anggota lainnya. Studi berikutnya adalah studi terhadap komunitas serangga, perlu diketahui bahwa seleksi alam pada prinsipnya bekerja terhadap reproduksi individu serangga. Setiap individu serangga dapat berupa perilaku, biologi, fisiologi, morfologi dan responnya terhadap individu dari spesies yang sama maupun yang berbeda, serta terahadap faktor abiotik lingkungan. Pemahaman mengenai konsep ekosistem serangga berguna dalam menetapkan metode penarikan contoh dan banyaknya contoh dan banyaknya contoh serangga. Apabila mengidentifikasi variasi dai dalam suatu populasi.

 Berbicara mengenai konsep ekologi tentu saja juga tidak terlepas dengan peran petani. Adapun strategi petani dalam hubungannya dengan konsep ekologi adalah aktivitas Bertani yang harus diekspresikan dalam arti ekologis, yaitu menawali suksesi dengan menanam, memelihara suksesi dengan praktik budidaya yang baik dan mengakhiri suksesi dengan pemanenan dan pembajakan. Dalam mengelola tanamananya, biasanya petani menggunakan usaha yang besar seperti tenaga kereja dan bahan bakar minyak, berikut adalah aktifitas petani dalam bertani menurut pandangan konsep ekologis, antara lain :

  1. Mempersiapkan benih dan penanaman secara mekanis dan kemarsil sebagai pengganti sistem penyebaran secara alami;
  2. Aplikasi pemupukan sebagai pengganti siklus mineral yang terjadi secara alami;
  3. Pengendalian gulma secara mekanis sebagai pengangganti peristiwa kompetisi dan pengusiran yang terjadi secara alami;
  4. Persiapan dan perlakuan tanah sebagai pengganti proses pembangnan tanah secara alami;
  5. Aplikasi insektisida sebagai pengganti keragaman kimia dan karnivora dalam mencegah ledakan hama dan penyakit; dan
  6. Pengembangan varietas tahan hama dan penyakit sebagai pengganti peristiwa seleksi alam (Odum: 1971 dalam Price dan Waldbauer: 1975)

 Petani juga menciptakan ekosistem yang relatif sederhana, yaitu melalui upaya-upaya penggenang untuk memperoleh kelembaban tanah yang seragam, menghilangkan semak- semak, pepohonan, dan bebatuan, seta membuat saluran pengairan, untuk menanam tanaman. Dalam keadaan demikian, maka stabilitas dapat diperoleh di dalam ekosistem yang kompleks.


SOAL LATIHAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah soal latihan berikut!
  1. Apa yang dilakukan untuk dapat menganalisa mengenai perubahan populasi?
  2. Apa saja faktor yang berpengaruh terhadap anggota komunitas?
  3. Sebutkan prilaku apa saja yang dapat dilakukan oleh setiap individu serangga?
  4. Strategi apa yang dilakukan petani dalam hubungannya dengan konsep ekologi?
  5. Apa saja aktifitas petani dalam bertani menurut pandangan ekologis?

 Cocokkanlah jawaban Anda dengan Kunci Jawaban Tes Formatif yang terdapat di bagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban yang benar. Kemudian, gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi Kegiatan Pembelajaran 2.

image/svg+xml Tingkat penguasaan = Jumlah Jawaban yang Benar Jumlah Soal ✕ 100%

Arti tingkat penguasaan : 90 - 100% = baik sekali
80 - 89% = baik
70 - 79% = cukup
< 70% = kurang

 Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan ke . Bagus! Jika masih di bawah 80%, Anda harus mengulangi materi Kegiatan Pembelajaran 2, terutama bagian yang belum dikuasai.


PETUNJUK JAWABAN SOAL LATIHAN

  1. Menganalisa mengenai perubahan populasi, maka studi terhadap individu dan populasi merupakan hal yang tidak boleh dilupakan. Studi terhadap populasi meliputi studi kualitas dan kuantitas populasi.
  2. Faktor yang berpengaruh terhadap anggota suatu komunitas adalah suhu dan kelembaban, kondisi tanah dan air, topografi, pengairan, dan penaungan, hal tersebut dapat menguntungkan atau bahkan merugikan terhadap anggota lainnya.
  3. Setiap individu serangga dapat berupa perilaku, biologi, fisiologi, morfologi dan responnya terhadap individu dari spesies yang sama maupun yang berbeda, serta terahadap faktor abiotik lingkungan
  4. Strategi petani dalam hubungannya dengan konsep ekologi adalah aktivitas Bertani yang harus diekspresikan dalam arti ekologis, yaitu menawali suksesi dengan menanam, memelihara suksesi dengan praktik budidaya yang baik dan mengakhiri suksesi dengan pemanenan dan pembajakan.
  5. aktifitas petani dalam bertani menurut pandangan konsep ekologis, antara lain :
    1. Mempersiapkan benih dan penanaman secara mekanis dan kemarsil sebagai pengganti sistem penyebaran secara alami;
    2. Aplikasi pemupukan sebagai pengganti siklus mineral yang terjadi secara alami;
    3. Pengendalian gulma secara mekanis sebagai pengangganti peristiwa kompetisi dan pengusiran yang terjadi secara alami;
    4. Persiapan dan perlakuan tanah sebagai pengganti proses pembangnan tanah secara alami;
    5. Aplikasi insektisida sebagai pengganti keragaman kimia dan karnivora dalam mencegah ledakan hama dan penyakit; dan
    6. Pengembangan varietas tahan hama dan penyakit sebagai pengganti peristiwa seleksi alam

RANGKUMAN

 Ekologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dan lingkungannga, selain itu juga ekologi disebut dasar pokok ilmu lingkungan. Dasar ekologi tidak terlepas dari ekosistem, maka perlu anda ketahui terlebih dahulu mengenai konsep ekosistem. Unsur dasar suatu ekosistem adalah individu organisme. Nilai konsep ekosistem ditekankan pada interaksi semua faktor di suatu di suatu lingkungan yang mendorong kita untuk melihat lebih jauh mengenai studi terhadap aspek aktivitas biologis. Dalam ilmu ekologi tidak terlepas dari peran petani yang memiliki strategi dalam hubungannya dengan konsep ekologi adalah aktivitas Bertani yang harus diekspresikan dalam arti ekologis, yaitu menawali suksesi dengan menanam, memelihara suksesi dengan praktik budidaya yang baik dan mengakhiri suksesi dengan pemanenan dan pembajakan.


TES FORMATIF

Pilihalah satu jawaban yang tepat!
  1. Apa kata lain dari ilmu ekologi?
    1. Dasar pokok ilmu biologi
    2. Dasar pokok ilmu tanaman
    3. Dasar pokok ilmu lingkungan
    4. Dasar pokok ilmu ekosistem
  2. Apa unsur dasar ekosistem?
    1. Individu organisme
    2. Tanaman
    3. Lingkungan
    4. Serangga
  3. Populasi secara konstan dapat beradaptasi terhadap perubahan kondisi?
    1. Lingkungan
    2. Biotik dan abiotik
    3. Tanaman
    4. Cuaca
  4. Faktor apa yang mempengaruhi interaksi antara individu yang satu dengan individu yang lain?
    1. Faktor lingkungan
    2. Faktor hama
    3. Faktor organisme
    4. Faktor ekologi
  5. Apa saja faktor yang berpengaruh terhadap anggota suatu komunitas?
    1. Topografi
    2. Pengairan
    3. Kondisi tanah
    4. Semua jawaban benar
  6. Setiap individu serangga dapat berprilaku, kecuali!
    1. Fisologi
    2. Ekologi
    3. Morfologi
    4. Biologi
  7. Usaha apa yang dilakukan petani dalam mengelola tanamannya?
    1. Menggunakan bahan bakar minyak
    2. Mambaca buku pertanian
    3. Membeli bibit unggul
    4. Menggunakan pupuk
  8. Rikut adalah aktifitas petani dalam bertani menurut pandangan konsep ekologis, kecuali!
    1. Persiapan dan perlakuan tanah
    2. Memberikan pestisida
    3. Mempersiapkan benih dan penanaman secara mekanis
    4. Aplikasi pemupukan
Last modified: Thursday, 2 July 2020, 12:01 AM